SAHABAT SEDJATI FARM ( doc ayam kampung super ) Alamat : Suro 2/8 Tambak Mojosongo Boyolali Jawa Tengah

Jumat, 27 November 2015

Harga Pakan Mahal? Pakan Campuran / Self Mixed Jawabannya

Banyak dari rekan2 peternak mengeluhkan harga pakan yang terus naik dan tidak diimbangi dengan harga panen yang (minimal) seimbang. Dengan adanya "fenomena" ini, tak sedikit dari rekan2 peternak yang mengurungkan niatnya untuk menambah kapasitas ternaknya ataupun malah mengurangi jumlah populasi chick in, tak hanya itu, rekan2 yang ingin memulai ternak juga berfikir ulang untuk mencoba terjun ke dunia peternakan ayam kampung ini.
Tidak sedikit dari teman2 peternak yang berhasil mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari hasil beternak ayam kampung super, dan tak sedikit pula dari mereka yang memiliki rahasia dalam mencapai kesuksesan beternaknya. Salah satunya adalah dengan membuat pakan alternatif.
Didalam artikel kali ini, kami akan sedikit memberikan informasi dan contoh pembuatan pakan alternatif / pakan campuran untuk ternak ayam kampung super. Sedikit? Ya, karena banyak sekali bahan2 disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk pakan ternak kita.

Berikut kami berikan tabel untuk pakan self mixed / campuran dengan komposisi : konsentrat pabrik, jagung giling dan dedak halus. Campuran ini lebih praktis, karena bahan mudah didapat.








Berikutnya adalah contoh self mixed dengan bahan yang lain. Dengan catatan : bahan dapat diperoleh secara continue, jangan sampai di tengah perjalanan kehabisan stok bahan.











Banyak dari rekan peternak yang berhasil dalam mengolah pakan alternatif tersebut, tetapi tak sedikit pula dari mereka yang perlu waktu untuk memahami dalam prakteknya. Intinya, dalam pembuatan pakan campuran, diperlukan praktek dengan pertimbangan yang matang akan keberhasilan atau kegagalan. Tetapi, sebagai peternak mandiri, tak seharusnya kita menyerah dengan hal sepele seperti itu. Tetap semangat dan majukan peternakan di negeri tercinta kita ini. Sukses untuk kita semua..
Reactions:
Posting Komentar